Amerika Serikat - Beberapa waktu lalu, beredar rumor rencana Samsung merilis Galaxy Note dengan layar 6,3 inch. Tak lama kemudian, bocoran lain menyebutkan seri terbaru Galaxy Note mengusung layar 8 inch. Kabarnya, phablet ini tak lama lagi segera dirilis.

Bersumber dari bocoran roadmap Samsung yang berhasil didapatkan TechnoBuffalo, Galaxy Note 8.0 disebut-sebut akan hadir pada Maret mendatang. Diperkirakan Samsung akan memamerkannya untuk pertama kali di ajang Mobile World Congress 2013.

Informasi spesifikasi roadmap kurang lebih cocok dengan bocoran sebelumnya. Dilansir TechnoBuffalo, Rabu (23/1/2013), Galaxy Note 8.0 mengusung layar Super Clear LCD 8 inch 1280x800. Android 4.2 atau Jelly akan menjadi OS-nya, dan prosesor quad-core 1,6GHz dibenamkan di dalamnya.

Kemungkinan besar, chip yang digunakannya adalah Exynos, sama seperti yang digunakan Galaxy Note 2. Terdapat kamera belakang 5 MP, kamera depan 1,3MP, RAM 2GB, memori internal 16/32GB dan baterai 4.600 mAh.

Selain Galaxy Note 8.0, roadmap ini juga mengungkap sejumlah gadget lain. Setidaknya ada tiga ponsel baru Samsung yang disebutkan disini, yakni Galaxy Young, Galaxy XCover 2 dan Galaxy Pocket Plus.

Galaxy Young, memiliki nama mirip dengan smartphone murah yang dirilis Samsung pada 2011, memiliki layar WVGA 3 inch, menggunakan Android 4.1 dan dibekali prosesor 1GHz CPU. Smartphone ini diperkirakan dirilis April.

Pocket Plus, memiliki ukuran lebih kecil, dengan layar HVGA 2,8 inch. Prosesornya 850MHz CPU dan menggunakan Jelly Bean. Pocket Plus kabarnya dirilis akhir bulan ini. Tersedia juga versi dual SIM card yang akan menyusul di Februari.

Terakhir, Galaxy XCover 2, juga akan dirilis di bulan Februari. Dibekali layar WVGA 4 inch, prosesor 1GHz dual-core dan berbasi Android Jelly Bean. Handset ini jenis gadget tahan air, memiliki kamera belakang 5MP dan internal storage 4GB.